Computer Based Test (CBT) atau yang dikenal dengan nama One Day Service
adalah salah satu tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Pola
seleksi CBT tidak berlaku bagi calon mahasiswa yang salah satunya
memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), karena harus
melalui jalur Paper Based Test (PBT). Calon mahasiswa baru
yang berminat langsung datang mendaftar dan kemudian langsung melakukan
tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung pengumuman hasil tes.
Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara
Sukoharjo. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka
calon mahasiswa dapat mengikuti CBT lagi maksimal 3 kali.
Prosedur Pendaftaran CBT
1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu :
a) Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b) Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c) Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
d) Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4. Mengikuti tes CBT.
5. Menunggu hasil tes.
B. PAPER BASED TEST (PBT)
Paper Based Test
(PBT) adalah salah satu seleksi tes masuk bagi calob mahasiswa baru
Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang diselenggarakan
dengan menggunakan soal dalam bentuk print out (lembar kertas).
PBT hanya dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru yang memilih Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seleksi lewat jalur PBT
dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Sabtu terakhir mulai jam
08.00 – 10.00. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka
calon mahasiswa dapat mengikuti PBT lagi maksimal 3 kali.
Prosedur Pendaftaran PBT1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:
a) Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b) Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c) Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar
d) Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4. Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
5. Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan 7 hari setelah mengikuti PBT yang hasilnya dapat dilihat di www.veteranbantara.ac.id dan melalui surat panggilan serta di papan pengumuman yang tersedia.
C. JALUR KERJASAMA
Jalur
Kerjasama adalah salah satu pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang
hanya diberikan kepada siswa-siswa dari SMA/MA/SMK/Sederajat yang
sekarang duduk di kelas XII dan akan lulus pada tahun 2012 yang
merupakan Mitra Kerjasama Universitas Veteran Bangun Nusantara
Sukoharjo. Para siswa dari sekolah mitra dapat langsung diterima tanpa
melalui Tes Seleksi baik CBT/PBT dengan ketentuan nilai raport mulai
semester 1 – 5 rata-rata minimal 7,5 dan tidak memilih Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Prosedur Pendaftaran :1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:
a. Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b. Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c. Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
d. Surat pengantar atau rekomendasi dari Sekolah.
e. Fotokopi sertifikat bukti prestasi akademik maupun non akademik (sebagai pendukung) yang dilegalisasi (kalau ada).
f. Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4. Verifikasi data dan seleksi administrasi
5. Mengikuti PBT bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
6. Pengumuman hasil seleksi.
D. WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran mahasiswa baru dibagi dalam 2 (dua) gelombang, yaitu :
1. Gelombang Pertama mulai 5 Maret – 29 Juni 2012.
2. Gelombang Kedua mulai 2 Juli – 31 Agustus 2012
(khusus untuk Program Studi PGSD hanya sampai tanggal 24 Agustus 2012).
E. JADWAL PELAKSANAAN PAPER BASED TEST
Pelaksanaan Paper Based Test bagi
yang memilih Program Studi PGSD dilaksanakan secara berkala setiap
bulan satu kali pada hari Sabtu terakhir dimulai pada pukul 08.00 –
10.00 WIB. Khusus untuk masa pendaftaran gelombang pertama (periode
Maret-Juni) pelaksanaan PBT dilaksanakan setiap dua bulan satu kali PBT.
Jadwal lengkap PBT adalah sebagai berikut :
NO
|
PERIODE PENDAFTARAN
|
WAKTU TES SELEKSI
|
1 |
Maret – April 2012 |
Sabtu, 28 April 2012 |
2 |
Mei – Juni 2012 |
Sabtu, 30 Juni 2012 |
3 |
Juli 2012 |
Sabtu, 28 Juli 2012 |
4 |
Agustus 2012 |
Sabtu, 24 Agustus 2012 |
PERINCIAN BIAYA KULIAH MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
RINCIAN BEAYA PENDIDIKAN UNTUK KELAS REGULER
FAKULTAS
|
PROGRAM STUDI
|
KELAS REGULER
|
||
DPI*
|
SPP**
|
|||
GEL. I
|
GEL. II
|
|
||
FKIP
|
1. Pend. Matematika
|
3,000,000
|
3,250,000
|
2,000,000
|
2. Pend. Biologi
|
2,750,000
|
3,000,000
|
1,750,000
|
|
3. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
|
2,750,000
|
3,000,000
|
2,000,000
|
|
4. Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
|
2,750,000
|
3,000,000
|
2,000,000
|
|
5. Pend. Bahasa dan Sastra Inggris
|
2,750,000
|
3,000,000
|
2,000,000
|
|
6. Pend. Geografi
|
2,250,000
|
2,500,000
|
1,750,000
|
|
7. Pend. Sejarah
|
2,250,000
|
2,500,000
|
1,750,000
|
|
8. Pend. Pancasila dan Kn
|
2,250,000
|
2,500,000
|
1,750,000
|
|
9. Psikologi Pend. dan Bimbingan
|
2,750,000
|
3,000,000
|
2,000,000
|
|
10.Teknologi Pendidikan
|
2,250,000
|
2,500,000
|
1,750,000
|
|
11. Pend. Guru Sekolah Dasar
|
6,000,000 s.d. 10,000,000
|
7,000,000 s.d 11,000,000
|
2,500,000
|
|
F. PERTANIAN
|
12. Agri Bisnis
|
2,500,000
|
2,750,000
|
1,750,000
|
13. Produksi Ternak
|
2,500,000
|
2,750,000
|
1,750,000
|
|
14. Teknologi Hasil Pertanian
|
2,500,000
|
2,750,000
|
1,750,000
|
|
F.TEKNIK
|
15. Teknik Sipil
|
2,500,000
|
2,750,000
|
1,750,000
|
16. Teknik Industri
|
2,500,000
|
2,750,000
|
1,750,000
|
|
FISIP
|
17. Ilmu Komunikasi
|
2,250,000
|
2,500,000
|
1,750,000
|
FKM
|
18. Kesehatan Masyarakat
|
3,750,000
|
4,000,000
|
2,500,000
|
PASCA SARJANA
|
19. Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Diatur dalam brosur tersendiri
|
RINCIAN BEAYA PENDIDIKAN UNTUK KELAS NON REGULER
FAKULTAS
|
PROGRAM STUDI
|
KELAS NON REGULER
|
|
DPI*
|
SPP**
|
||
FKIP
|
1. Pend. Matematika
|
3,250,000
|
2,250,000
|
2. Pend. Biologi
|
3,000,000
|
2,000,000
|
|
3. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
|
3,000,000
|
2,250,000
|
|
4. Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
|
3,000,000
|
2,250,000
|
|
5. Pend. Bahasa dan Sastra Inggris
|
3,000,000
|
2,250,000
|
|
6. Pend. Geografi
|
2,500,000
|
2,000,000
|
|
7. Pend. Sejarah
|
2,500,000
|
2,000,000
|
|
8. Pend. Pancasila dan Kn
|
2,500,000
|
2,000,000
|
|
9. Psikologi Pend. dan Bimbingan
|
3,000,000
|
2,250,000
|
|
10.Teknologi Pendidikan
|
2,500,000
|
2,000,000
|
|
11. Pend. Guru Sekolah Dasar
|
7,000,000 s.d 11,000,000
|
2,750,000
|
|
F. PERTANIAN
|
12. Agri Bisnis
|
2,750,000
|
2,000,000
|
13. Produksi Ternak
|
2,750,000
|
2,000,000
|
|
14. Teknologi Hasil Pertanian
|
2,750,000
|
2,000,000
|
|
F.TEKNIK
|
15. Teknik Sipil
|
2,750,000
|
2,000,000
|
16. Teknik Industri
|
2,750,000
|
2,000,000
|
|
FISIP
|
17. Ilmu Komunikasi
|
2,500,000
|
2,000,000
|
FKM
|
18. Kesehatan Masyarakat
|
4,000,000
|
2,750,000
|
PASCA SARJANA
|
19. Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Diatur dalam brosur tersendiri
|
1. Beaya Registrasi
|
: Rp 100.000*
|
2. Biaya OSPEK
|
: Rp 300.000*
|
- Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) wajib dibayar lunas saat melakukan registrasi.
- Dana Pengembangan Institusi (DPI) bagi pendaftar Gelombang I bisa diangsur dua kali yaitu saat registrasi dan UAS Semester I dengan angsuran pertama minimal 50 %***
- *Dibayarkan hanya sekali saat registrasi sebagai mahasiswa baru
- **Dibayarkan setiap semester
- ***Ketentuaan ini tidak berlaku bagi pendaftar Gelombang II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar