Kamis, 29 Maret 2012

HMFP Lakukan Reorganisasi


Pada hari Kamis, tanggal 29 Maret 2012 bertempat di Anugerah Family Resto, Sukoharjo, Himpunan Mahasiswa Fakultas Pertanian melakukan reorganisasi. HMFP yang merupakan himpunan mahasiswa gabungan dari Program Studi Agribisnis, Produksi Ternak dan Teknologi Hasil Pertanian ini melakukan pemilihan Ketua Umum yang baru untuk periode kepengurusan 2012-2013. Acara reorganisasi ini diikuti mahasiswa Fakultas Pertanian, Perwakilan dari BEM, DEMA Univet Bantara dan Jajaran Dekanat Fakultas Pertanian beserta jajaran Dosen Fakultas Pertanian, Univet.
Acara reorganisasi ini menghasilkan ketua terpilih HMFP yang baru, yaitu Saudara Widhi yang menyisihkan 2 kandidat ketua umum yang lain. Widhi mendapatkan suara lebih dari separuh dari seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian yang hadir dalam acara tersebut.Setelah terpilihnya ketua umum HMFP yang baru, dilanjutkan dengan pidato perdana ketua umum terpilih. 
Dekan Falultas Pertanian Univet, Ir. Catur Rini Sulistyaningsih, M.M dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih kepada Ketua Umum HMFP yang sebelumnya, yaitu Saudara Gatot beserta jajaran pengurusnya yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Disamping itu, Dekan juga berharap HMFP dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Fakultas Pertanian Univet.

Senin, 12 Maret 2012

Produk Unggulan Mahasiswa Pertanian Univet Bantara



Snack Batik Van Java (Banana Steik Van Java)

Produk unggulan dari Mahasiswa Pertanian Univet Bantara, Sukoharjo, terbuat dari pisang pilihan dengan rasa manis yang alami.

Hanya Rp 1.000 per bungkus

cp : 087712353273/085642497375

Kamis, 08 Maret 2012

Program Studi THP Lakukan Visit dan Baking Class

Pada hari Kamis, tanggal 8 Februari 2012, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo melakukan kunjungan ke perusahaan roti Ganep di Solo. Kegiatan kunjungan tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Univet Bantara, Sukoharjo .yang berjumlah 27 orang. Acara dimulai dengan sambutan dari Pihak Roti Ganep dan Ibu Sri Hartati selaku perwakilan dari rombongan Univet Bantara, Sukoharjo.
Dalam sambutannya, Ibu Sri Hartati mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada roti Ganep yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan dan memberikan praktek dalam pembuatan roti. Disamping itu juga, bu tatik mengatakan bahwa kunjungan kali ini berguna untuk mencocokkan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan dengan praktek yang terjadi di Industri pangan, khususnya dalam pembuatan roti. Setelah sambutan dari kedua belah pihak, dilakukan baking class dengan membuat beberapa macam roti yang diproduksi oleh roti ganep. Acara kemudian dilanjutkan dengan melihat secara langsung proses produksi yang dilakukan oleh roti ganep, dan akhirnya acara kunjungan diakhiri dengan pemaparan company profile dari roti ganep dan diskusi tanya jawab.

--ARA--

Selasa, 06 Maret 2012

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013

A. COMPUTER BASED TEST (CBT)
Computer Based Test (CBT) atau yang dikenal dengan nama One Day Service adalah salah satu tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Pola seleksi CBT tidak berlaku bagi calon mahasiswa yang salah satunya memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), karena harus melalui jalur Paper Based Test (PBT). Calon mahasiswa baru yang berminat langsung datang mendaftar dan kemudian langsung melakukan tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung pengumuman hasil tes. Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka calon mahasiswa dapat mengikuti CBT lagi maksimal 3 kali.

Prosedur Pendaftaran CBT
1.  Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2.  Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3.  Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu :
a)   Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b)   Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c)   Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
d)   Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4.  Mengikuti tes CBT.
5.  Menunggu hasil tes.
B. PAPER BASED TEST (PBT)
Paper Based Test (PBT) adalah salah satu seleksi tes masuk bagi calob mahasiswa baru Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang diselenggarakan dengan menggunakan soal dalam bentuk print out (lembar kertas). PBT hanya dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru yang memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seleksi lewat jalur PBT dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Sabtu terakhir mulai jam 08.00 – 10.00. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka calon mahasiswa dapat mengikuti PBT lagi maksimal 3 kali.
Prosedur Pendaftaran PBT
1.  Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2.  Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3.  Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:
a)   Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b)   Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c)   Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar
d)   Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4.  Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
5.  Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan 7 hari setelah mengikuti PBT yang hasilnya dapat dilihat di www.veteranbantara.ac.id dan melalui surat panggilan serta di papan pengumuman yang tersedia.


C. JALUR  KERJASAMA
Jalur Kerjasama adalah salah satu pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang hanya diberikan kepada siswa-siswa dari SMA/MA/SMK/Sederajat yang sekarang duduk di kelas XII dan akan lulus pada tahun 2012 yang merupakan Mitra Kerjasama Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Para siswa dari sekolah mitra dapat langsung diterima tanpa melalui Tes Seleksi baik CBT/PBT dengan ketentuan nilai raport mulai semester 1 – 5 rata-rata minimal 7,5 dan tidak memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Prosedur Pendaftaran :
1.  Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
2.  Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
3.  Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:
a.  Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
b.  Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
c.   Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
d.  Surat pengantar atau rekomendasi dari Sekolah.
e.  Fotokopi sertifikat bukti prestasi akademik maupun non akademik (sebagai pendukung) yang dilegalisasi (kalau ada).
f.    Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)
4.  Verifikasi data dan seleksi administrasi
5.  Mengikuti PBT bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
6.  Pengumuman hasil seleksi.


D. WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran mahasiswa baru dibagi dalam 2 (dua) gelombang, yaitu :
1.  Gelombang Pertama mulai 5 Maret – 29 Juni 2012.
2.  Gelombang Kedua mulai 2 Juli – 31 Agustus 2012
(khusus untuk Program Studi PGSD hanya sampai tanggal 24 Agustus 2012).

E. JADWAL PELAKSANAAN PAPER BASED TEST
Pelaksanaan Paper Based Test bagi yang memilih Program Studi PGSD dilaksanakan secara berkala setiap bulan satu kali pada hari Sabtu terakhir dimulai pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Khusus untuk masa pendaftaran gelombang pertama (periode Maret-Juni) pelaksanaan PBT dilaksanakan setiap dua bulan satu kali PBT.
Jadwal lengkap PBT adalah sebagai berikut :
NO
PERIODE PENDAFTARAN
WAKTU TES SELEKSI
1
Maret – April 2012
Sabtu, 28 April 2012
2
Mei – Juni 2012
Sabtu, 30 Juni 2012
3
Juli 2012
Sabtu, 28 Juli 2012
4
Agustus 2012
Sabtu, 24 Agustus 2012

PERINCIAN BIAYA KULIAH MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO


RINCIAN BEAYA PENDIDIKAN UNTUK KELAS REGULER
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
KELAS REGULER
DPI*
SPP**
GEL. I
GEL. II

FKIP
1. Pend. Matematika
3,000,000
3,250,000
2,000,000
2. Pend. Biologi
2,750,000
3,000,000
1,750,000
3. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
2,750,000
3,000,000
2,000,000
4. Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
2,750,000
3,000,000
2,000,000
5. Pend. Bahasa dan Sastra Inggris
2,750,000
3,000,000
2,000,000
6. Pend. Geografi
2,250,000
2,500,000
1,750,000
7. Pend. Sejarah
2,250,000
2,500,000
1,750,000
8. Pend. Pancasila dan Kn
2,250,000
2,500,000
1,750,000
9. Psikologi Pend. dan Bimbingan
2,750,000
3,000,000
2,000,000
10.Teknologi Pendidikan
2,250,000
2,500,000
1,750,000
11. Pend. Guru Sekolah Dasar
6,000,000 s.d. 10,000,000
7,000,000 s.d 11,000,000
2,500,000
F. PERTANIAN
12. Agri Bisnis
2,500,000
2,750,000
1,750,000
13. Produksi Ternak
2,500,000
2,750,000
1,750,000
14. Teknologi Hasil Pertanian
2,500,000
2,750,000
1,750,000
F.TEKNIK
15. Teknik Sipil
2,500,000
2,750,000
1,750,000
16. Teknik Industri
2,500,000
2,750,000
1,750,000
FISIP
17. Ilmu Komunikasi
2,250,000
2,500,000
1,750,000
FKM
18. Kesehatan Masyarakat
3,750,000
4,000,000
2,500,000
PASCA SARJANA
19. Pendidikan Bahasa Indonesia
Diatur dalam brosur tersendiri


RINCIAN BEAYA PENDIDIKAN UNTUK KELAS  NON REGULER
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
KELAS NON REGULER
DPI*
SPP**
FKIP
1. Pend. Matematika
3,250,000
2,250,000
2. Pend. Biologi
3,000,000
2,000,000
3. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
3,000,000
2,250,000
4. Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
3,000,000
2,250,000
5. Pend. Bahasa dan Sastra Inggris
3,000,000
2,250,000
6. Pend. Geografi
2,500,000
2,000,000
7. Pend. Sejarah
2,500,000
2,000,000
8. Pend. Pancasila dan Kn
2,500,000
2,000,000
9. Psikologi Pend. dan Bimbingan
3,000,000
2,250,000
10.Teknologi Pendidikan
2,500,000
2,000,000
11. Pend. Guru Sekolah Dasar
7,000,000 s.d 11,000,000
2,750,000
F. PERTANIAN
12. Agri Bisnis
2,750,000
2,000,000
13. Produksi Ternak
2,750,000
2,000,000
14. Teknologi Hasil Pertanian
2,750,000
2,000,000
F.TEKNIK
15. Teknik Sipil
2,750,000
2,000,000
16. Teknik Industri
2,750,000
2,000,000
FISIP
17. Ilmu Komunikasi
2,500,000
2,000,000
FKM
18. Kesehatan Masyarakat
4,000,000
2,750,000
PASCA SARJANA
19. Pendidikan Bahasa Indonesia
Diatur dalam brosur tersendiri
Biaya lain yang harus dibayar saat registrasi adalah :
1. Beaya Registrasi
: Rp 100.000*
2. Biaya OSPEK
: Rp 300.000*
Keterangan :
  • Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) wajib dibayar lunas saat melakukan registrasi.
  • Dana Pengembangan Institusi (DPI) bagi pendaftar Gelombang I bisa diangsur dua kali yaitu saat registrasi dan UAS Semester I dengan angsuran pertama minimal 50 %***
  • *Dibayarkan hanya sekali saat registrasi sebagai mahasiswa baru
  • **Dibayarkan setiap semester
  • ***Ketentuaan ini tidak berlaku bagi pendaftar Gelombang II
Sumber : veteranbantara.ac.id

Selamat Datang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Selamat Datang di blog Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Veteran bangun Nusantara (UNIVET), Sukoharjo, Jawa Tengah. Blog ini dibuat sebagai wadah silaturahmi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Univet, Sukoharjo dengan masyarakat luas baik calon mahasiswa baru, mahasiswa THP Univet, mahasiswa teknologi pangan di seluruh Indonesia dan masyarakat luas. Disamping itu juga dengan adanya blog ini bisa memberikan informasi tentang Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Univet, Sukoharjo maupun informasi tentang inovasi pangan terbaru bagi masyarakat luas.

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.